Download Lengkap Kumpulan Contoh Soal Test CPNS Tahun 2018 Gratis


Menjadi PNS atau ASN (Aparatur Sipil Negara) saat masih merupakan dambaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan banyak yang rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk diberikan kepada oknum yang menjanjikan bisa meloloskan sebagai PNS/ASN. Tidak tanggung-tanggung, ada yang sampai keluar ratusan juta rupiah. Namun cara seperti itu tentu tidaklah dibenarkan, dan itu merupakan cara ilegal.

Bagi Anda yang bercita-cita menjadi PNS/ASN tempuhlah cara-cara yang benar sesuai prosedur yang berlaku agar nantinya rezeki menjadi berkah. Ikutilah serangkaian seleksi yang sudah ditetapkan Pemerintah.

Untuk bisa lolos menjadi CPNS harus melewati serangkaian tes yang harus dikerjakan. Dalam menghadapi Ujian dan test CPNS, sebaiknya pelamar harus banyak berlatih untuk membekali diri dengan mengerjakan latihan soal-soal tes CPNS.

Di toko-toko buku banyak sekali referensi buku-buku tentang soal ujian CPNS, soal ujian psikologi dan soal-soal yang berhubungan dengan test CPNS.

Di jaman era digital seperti sekarang ini, untuk mendapatkan soal-soal tidaklah sulit. Berbekal gadget dan paket data Anda sudah bisa Googling soal-soal dan pembahasan yang Anda butuhkan.

Selain itu BKN juga menyediakan portal latihan untuk ujian CPNS melalui sistem CAT. Itu penting karena untuk periode sekarang test ujian CPNS menggunakan sistem CAT milik BKN.

Ujian CPNS yang paling menentukan adalah Tes Kompetensi Dasar, ini terdiri dari 3 komponen soal yaitu;
  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TKW), 
  2. Tes Intelegensia Umum (TIU) dan 
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) adalah tes untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta ujian CPNS dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia.

Tes Intelegensi Umum (TIU) adalah tes untuk mengukur intelegensi peserta ujian CPNS dalam analisa numerik (angka), verbal (bahasa), serta berpikir logis dan analisa.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah tes untuk meneliti karakter kepribadian peserta ujian CPNS dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi.

Temukan cara–cara yang jitu dan strategis dalam belajar soal-soal CPNS. Mengingat Materi soal yang banyak maka perlu dipetakan sehingga dengan begitu belajar menjadi lebih terarah.

Berikut ini kami berikan contoh soal tes CPNS beserta kunci jawaba untuk bidang Tes Kompetisi Dasar (TKD) yang telah kami sadur dari among guru:


Contoh Soal CPNS bidang Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Soal Nomor 1
Negara Republik Indonesia sebagai negara yang memiliki aneka ragam budaya, adat istiadat, suku perlu dijaga dan dihormati sebab bangsa indonesia merasa dirinya….
A. Tidak dapat dipisahkan satu sama lain
B. Dapat hidup sendiri
C. Mampu memenuhi kebutuhannya
D. Paling tinggi derajatnya
E. Memerlukan bantuan

Soal Nomor 2
Keanekaragaman suku bangsa dalam negara hendaknya diarahkan untuk….
A. menciptakan suatu kestabilan dalam mempertahankan keamanan bangsa dan negara
B. menciptakan kerukunan hidup menuju masyarakat adil dan makmur
C. menciptakan persaudaraan yang menuju pada persamaan bahasa dan adat istiadat daerah
D. menjaga kelestariannya
E. menciptakan kestabilan dalam memperkuat kepentingan nasional
BBM

Selengkapnya klik disini >>>



Subscribe to receive free email updates: